Minggu, 09 September 2012

Papeda ?


Apa itu papeda?seperti apakah bentuknya? Mungkin pertanyaan-pertanyaan itulah yang muncul dibenak kalian. Mungkin buat kalian yang tinggal di wilayah Indonesia timur, akan mengerti apa itu papeda sesunggunya. Yak, papeda merupakan makanan khas masyarakat Maluku dan Papua. Makanan ini terdapat di hampir semua daerah Maluku dan Papua. Kalian yang jarang atau baru pertama kali makan papeda pasti akan sangat terasa aneh saat memakannya.
Jika kalian tau lem kertas bermerk Glukol, kalian pasti akan bisa membayangkannya, haaha.. benar-benar mirip secara badaniah, tapi jelas berbeda rasanya ketika kalian tempelkan ke lidah. Akupun baru pertama kali mencobanya. Malam itu aku masih ada di Gosowong, tiba waktu untuk makan malam. *Secara gitu ya, udah bosen banget makan sama nasi. Waktu itu sih menunya nasi goreng sosis bla bla bla.. tapi tetep lebih tepat disebut nasi kecap hangat. Aku lirik ke meja samping, eh ada yang unik. Masnya bilang ini papeda, makanan khas orang sini. Cocok banget dimakan bareng kuah kuning. Semacam opor, tapi isinya ikan tongkol. Yaudah aku ambil satu mangkok. Ambilnyapun susah -_- , alamaak ini benar-benar bisa dimakan g ya?? Timbul pertanyaan di kepalaku. Setelah beres tibalah saat-saat mendebarkan. Masih kepikiran dengan lem kertas Glukol yang biasanya dipakai buat kerajinan tangan dari kertas. 
Papeda, lem nikmat dari Maluku
Lem Glukol, sumber : internet
Tapi ternyata gak seburuk yang dibayangkan, lezat, yammi, mak nyus kata pak Bondan. Mirip siomay, but it’s better.   Bener deh, aku jamin kalian ga akan nyesel kalau makan papeda. Satu lagi kelebihan papeda dibanding nasi, papeda akan dengan senang hati meluncur dari rongga mulut menuju perut tanpa membutuhkan energi yang berlebihan dalam mengunyah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar